Jual DVD Mahabharata dan Ramayana Versi TPI Dubbing Indonesia Episode Lengkap

Bookmark and Share





Buat yang lupa tentang Mahabharata mungkin bisa membaca artikel dari tabloidbintang berkut ini
MAHABHARAAAAAAAAAAAAAATTTT.....
MAHABHARAAAAAAAAAAAAAATTTT.....
MAHABHARAAAAAAAAAAAAAATTTT.....
Bagi generasi 1990-an atau yang mengalami masa kecil dan tumbuh di tahun-tahun itu pasti terkenang dengan sebuah serial dari tanah Hindustan yang berjudul Mahabharata.Serialnya tayang di TPI yang singkatan dari Televisi Pedidikan Indonesia (di kemudian hari berganti jadi MNCTV). Dalam catatan arsip tabloid Bintang, Mahabharata versi India ini tayang mulai Sabtu, 7 Desember 1991 saban pukul 11.00 WIB.
Mahabharata versi baru sedang tayang di antv. Tapi bagi generasi 1990-an, Mahabharata yang tayang di TPI yang paling mereka kenang. Yang paling diingat pertama kali dari serial itu tentu opening-nya yang diawali nyanyian dengan menyebut judul Mahabharata demikian panjang.
Kisah Mahabharata tentu tak cuma akrab bagi masyarakat India, tapi juga Indonesia.  Aslinya kisahnya memang berasal dari India. Mahabharata bukan cerita biasa. Epik yang ditulis oleh Brahm Veda Vyasa dalam bahasa Sansekerta di abad 3 dan 4 Masehi ini, oleh bangsa India dianggap sejarah dan cermin kepribadian bangsa itu. Agama Hindu menganggap puisi yang terdiri dari 200 ribu bait ini sebagai kitab suci, sumber pelajaran hidup yang mendalam.
Serial TV Mahabharata diproduksi oleh B.R. Chopra, disutradarai anaknya sendiri Ravi Chopra. Ditulis tabloid Bintang edisi 40 (minggu pertama Desember 1991) saat mengenalkan serial ini, ketika sineas televisi India mengangkat Mahabharata jadi serial TV, sambutan yang didapat luar biasa. Kalau Jepang pernah digegerkan oleh serial Oshin, maka India digoncang serial Mahabharata.
Saya ingat menonton serial ini ketika masih SD. Bagi anak kecil generasi 1990-an macam saya, perkenalan pertama dengan kisah epik Mahabharata ya lewat serial dari India ini. Generasi saya tak akrab dengan komik wayang RA Kosasih yang waktu itu sudah jarang ditemukan—waktu itu lebih mudah cari komik Petruk-Gareng Tatang S. atau komik Surga-Neraka. Bukankah ada wayang golek? Bagi saya ketika kecil, yang menarik dari wayang golek cuma polah kocak si Cepot.
Yang paling saya ingat dari serial ini karakter Sengkuni (atau ejaan lainnya Sangkuni). Dia patih di pihak Kurawa, lawan Pandawa. Sengkuni adalah tokoh licik yang kerjanya hanya menghasut Kurawa. Dialah aktor intelektual di balik kazaliman Kurawa. Seingat saya Sengkuni tidak punya kesaktian. Ia tak pintar bertarung, memanah atau main pedang. Kerjanya ya menghasut itu.
Bag saya pemeran Sengkuni di serial ini sudah sukses memerankan tokoh jahat yang bisa bikin penonton dongkol, membencinya 100 persen.

Yang paling diingat pula dari serial ini adalah episode saat Drupadi dipermalukan di depan banyak orang. Anda tentu ingat, Drupadi menjadi barang taruhan dalam sebuah perjudian antara Kurawa lawan Pandawa. Dalam perjudian itu Pandawa kalah. Sebagai hukumannya, Drupadi hendak ditelanjangi di depan orang banyak. Kainnya ditarik. Tapi ajaibnya kain Drupadi tak putus-putus.
Episode itu begitu membekas berkat akting pemeran Drupadi yang begitu menjiwai momen adegan itu.    Saya saja bisa ikut merasakan penderitaannya. Juga keputusasaan dan ketakberdayaan Pandawa melihat istri mereka dipermalukan di depan umum.
O iya, menengok arsip Bintang ketika hendak menyiapkan tulisan ini, saya menemukan artikel menarik seputar konroversi serial Mahabharata ini. Iya, tak tahunya serial ini sempat menimbulkan polemik. Terutama soal perbedaan Mahabharata versi India dengan kisahnya menurut yang sudah dikenal di Indonesia.
Mahabharata versi India, misalnya, tak memuat para punawakan semisal Semar dan keluarganya.Mahabharata versi India pada dasarnya mengisahkan kehidupan para raja dan bangsawan. Artikel diBintang edisi 82 (minggu ketiga September 1992) misalnya, menyebut kisah Drupadi dalam versi India yang berbeda dengan versi Indonesia.
Di versi India, Drupadi, yang awalnya dimenangkan Arjuna dalam sebuah sayembara memanah, kemudian menjadi istri tak hanya bagi Arjuna namun juga bagi empat saudaranya yang lain. Drupadi beristri lima alias poliandri tak terdapat dalam versi Indonesia.
Di bagian artikel lain ada pengamat agar tak menimbulkan salah kaprah, TPI diharuskan memberi interpretasi tambahan. "Harus ada yang bertugas untuk memberi interpretasi tambahan bagi penonton, bahwa hal-hal tertentu tak baik diikuti, sedangkan hal lainnya postif," kata sosilog Selo Sumardjan pada Bintang kala itu.
Seingat saya, TPI tak pernah melakukan saran itu. Dan Mahabharata versi India di TPI pun menjadi kisah Mahabharata paling dikenang generasi 1990-an.        
MAHABHARAAAAAAAAAAAAAATTTT.....


Jual DVD Mahabharata dan Ramayana dubbing Indonesia.
cocok buat jd koleksi, soalnya dvd ini termasuk susah dicari hehe
versi yg saya jual adalah versi yg dulu pernah tayang di TPI sekitar tahun 90an, jadi bukan yg sekarang tayang di anteve.
contoh DVD bisa dilihat di foto yg saya upload diatas
**Mahabharata**
total 6 DVD
sudah termasuk box, label dan cover dvd
Harga: 150rb belum termasuk ongkir
**Ramayana**
total 5 DVD
sudah termasuk box, label dan cover dvd
Harga: 125rb belum termasuk ongkir
*Pengiriman*
Via JNE atau POS Kilat Khusus
pake POS biasanya sekitar 15rb tarifnya
Kemahalan??
Buat yg ngerti bahasa inggris saya jg menawarkan koleksi DVD Mahabharata dan Ramayana dengan text inggris, format Avi
Mahabharata text inggris total 5 DVD (tanpa box, label&cover)
Harga: 75rb belum termasuk ongkir
Ramayana text inggris total 3 DVD  (tanpa box, label&cover)
Harga: 50rb belum termasuk ongkir

Minat??
Hubungi via:
HP: 08.56000056.87 (sms only)
Whatsapp: 08.56000056.87
pin BBM: 755F9F5F
COD: hanya di sekitar condongcatur, UPN Veteran Jogja, AMIKOM Jogja, UII Ekonomi Jogja




Popular keywords:
Jual DVD Mahabharata, Jual DVD Ramayana, Jual DVD Mahabharata Dubbing Indonesia, Jual DVD Mahabharata TPI, Jual DVD Mahabharata Episode Lengkap, Jual DVD Mahabharata Tamat,Jual DVD Ramayana TPI, Jual DVD Mahabharata Subtitle Inggris, Jual DVD Mahabharata ANTV, Jual DVD Mahabharata ANTV Dubbing Indonesia, Jual DVD Mahabharata ANTV Subtitle Indonesia, Jual DVD Mahabharata Complete, Jual DVD Mahabharata Lengkap, Jual DVD Mahabharata Jogja, Jual DVD Mahabharata Kebumen, Jual DVD Mahabharata Jakarta, Jual DVD Mahabharata Semarang, DVD Mahabharata Bahasa Indonesia, Jual DVD Mahabharata Bahasa Indonesia, Jual DVD Ramayana Bahasa Indonesia, Jual DVD Ramayana Subtitle Inggris,  Jual DVD Mahabharata, Jual DVD Mahabharata Yogyakarta, Jual VCD Mahabharata, Jual DVD Mahabharata Original, Jual DVD Mahabharata versi TPI, Jual DVD Mahabharata versi ANTEVE ANTV

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment